AdsPopc

Rabu, 29 Januari 2025

SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH DAN UJIAN NASIONAL untuk SMP/MTs _ Relasi dan Fungsi


Pada artikel kali ini akan membahas mengenai contoh soal tentang Relasi dan Fungsi (Pemetaan) dan pembahasannya.

Relasi dan Fungsi (Pemetaan) merupakan soal-soal yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional, atau dalam istilah sekarang adalah soal asesmen akhir jenjang. Soal-soal ujian sekolah dan ujian nasional sekarang ini  makin berkembang dan semakin bervariasi. Selain itu tingkat kesulitan dinaikkan lebih tinggi levelnya. Walaupun demikian, para siswa tidak perlu takut dan khawatir.

Kali ini akan kami berikan beberapa contoh soal standar ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tentang Relasi dan Fungsi (Pemetaan).

 

Untuk lebih jelasnya, simak contoh soal Relasi dan Fungsi (Pemetaan) lengkap dengan pembahasan dan jawabannya:

 

1.   Diketahui A = {1, 2, 3, 4} dan B = {a, b, c, d}.:

      (i) {(1, a), (2, b),  (3, c), (4, a)}

      (ii) {(1, a), (1, b),  (2, c), (2, d)}

      (iii) {(2, d), (1, c),  (4, a), (3, b)}

      (iv) {(1, c), (2, b),  (1, b), (3, c)}

      Himpunan pasangan berurutan yang  merupakan  fungsi  adalah  ....

      A.  (i) dan  (ii)

      B.  (i)  dan (iii)

      C. (ii)  dan  (iii)

      D. (ii)  dan  (iv)

 

Jawaban : B

Cara mudah untuk menyelidiki himpunan pasangan berurutan adalah fungsi adalah domain atau daerah asal muncul satu kali (tidak ada  pengulangan)

Coba perhatikan

1.     {(1, a), (2, b),  (3, c), (4, a)}, domain {1, 2, 3, 4} muncul satu kali. Jadi, merupakan fungsi

2.     {(1, a), (1, b),  (2, c), (2, d)}, domain {1, 1, 1, 1} angka 1 muncul 4 kali. Jadi, bukan fungsi

3.     {(2, d), (1, c),  (4, a), (3, b)}, domain {2, 1, 4, 3} muncul satu kali. Jadi, merupakan fungsi

4.     {(1, c), (2, b),  (1, b), (3, c)}, domain {1, 2, 1, 3} angka 1 muncul 2 kali. Jadi, bukan fungsi

Jadi, yang merupakan fungsi adalah (i) dan (iii).

 

 

2.     Diketahui fungsi g(x) = x2 – 4x + 5 dengan domain A = {x , x bilangan bulat}. Range untuk fungsi tersebut adalah . . . .


Jawaban: C

g(x) = x2 – 4x + 5 , domain A = {x anggota bilangan bulat}

Untuk x = –3 , g(–3) = (–3)2 – 4(–3) + 5 = 9 + 12 + 5 = 26 (Tertinggi)

Untuk x = –2 , g(–2) = (–2)2 – 4(–2) + 5 = 4 + 6 + 5 = 15

Untuk x = –1 , g(–1) = (–1)2 – 4(–1) + 5 = 1 + 4 + 5 = 10

Untuk x = 0 , g(0) = 02 – 4(0) + 5 = 0 + 0 + 5 = 5

Untuk x = 1 , g(1) = 12 – 4(1) + 5 = 1 – 4 + 5 = 2

Untuk x = 2 , g(1) = 22 – 4(2) + 5 = 4 – 8 + 5 = 1 (Terendah)

Untuk x = 3 , g(1) = 32 – 4(3) + 5 = 9 – 12 + 5 = 2

Jadi, Range untuk fungsi tersebut adalah .

 

3.  Diketahui fungsi f(x) = 8x – 3. Nilai f(4) adalah . . . .

A.     27

B.     24

C.     18

D.    8

 

Jawaban: A

f(x)     = 8x – 3

f(4)    = 8(4) – 5

          = 32 – 5

          = 27

 

4.  Fungsi f dirumuskan dengan f(x) = 3x + 10. Jika f(p) = 11, nilai 2p - 1 adalah . . . .

A.     13                      

B.     –13

C.     –15                    

D.    –17

 

Jawaban: C

f(x) = 3x + 10

f(p) = –11

3p + 10 = –11

       3p  = –11 – 10

       3p = –21

       p   = –7

2p – 1 = 2(–7)  – 1 = –14 – 1 = –15

Jadi, nilai 2p – 1  = –15.

 

5.  Suatu fungsi didefinisikan dengan rumus f(x) = k – 3x. Jika nilai f(–4) = 8, nilai k = . . . .

A.     –10                    

B.     –4                      

C.     4

D.    20

 

Jawaban: B

f(x)     = k – 3x

f(–4)   = 8

 k – 3(-4) = 8

    k + 12 = 8

          k   = 8 - 12

          k   = –4

Jadi, nilai k = –4.

 

6.   Suatu fungsi f dinyatakan dengan  f(x) = 4x – 5. Nilai f(3p + 2) adalah . . .

A.     7p – 3

B.     7p + 7

C.     12p + 3

D.    12p – 10

 

Jawaban: C

f(x) = 4x – 5

f(3p + 2) = 4(3p + 2) – 5

        = 12p + 8 – 5

        = 12p + 3

Jadi, f(3a + 2) = 12p + 3

 

7. Diketahui rumus fungsi f(2x + 1) = 4x – 9. Rumus fungsi f(a) =  . . . .

A.     4a + 11

B.     2a + 7

C.     2a – 7

D.    2a – 11

Jawaban : D

Diketahui f(2x + 1) = 4x – 9

Misalkan a = 2x + 1  2x = a – 1

Subsititusikan 2x = a – 1 ke persamaan f(2x + 1) = 4x – 6.

   f(2x + 1) = 4x – 9

           f(a) = 2(2x) – 9

           f(a) = 2(a – 1) – 9

           f(a) = 2a – 2 – 9

           f(a) = 2a – 11

Jadi, f(a) = 2a – 11

 

8.   Suatu fungsi dinyatakan dengan rumus g(x) = px + q. Jika g(–2) = –12 dan g(4) = 18, rumus fungsi g(x) adalah . . . .

A.     g(x) = 5x – 2

B.     g(x) = 5x + 2

C.     g(x) = –2x + 5

D.    g(x) = –5x + 2

Jawaban : A

g(x) = px + q

g(–2) = –12  equation  p(–2) + q = –12

        equation        –2p + q = –12         . . . (1)

g(4) = 18     equation p(4) + q = 18

        equation        4p + q = 18            . . . (2)

Eliminasi q dari (1) dan (2).

        –2p + q = –12

          4p + q = 18

        ––––––––––– –

            –6p  = –30

               p   = 5

Substitusi p = 5 ke (2).

4p + q = 18  ® 4p + q = 18

                      4(5) + q = 18

                        20 + q = 18

                                q = 18 – 20

                                q = –2

Nilai p = 5 dan q = –2 sehingga rumus fungsi f(x) menjadi:

g(x) = px + q

        = 5x – 2

 

9.  Fungsi g dinyatakan dengan rumus g(x) = px + q. Jika g(3) = 21 dan g(8) = 36, maka g(3) adalah . . . .

A.     –21

B.     –12                    

C.     –3

D.    3

 

Jawaban: D

g(x) = px + q

g(3) = 21     equation p(3) + q = 21

                           3p + q = 21    . . . (1)

g(8) = 36     equation p(8) + q = 36

                          8p + q = 36     . . . (2)

Eliminasi q dari (1) dan (2).

3p + q = 21

8p + q = 36

–––––––––––– –

     –5p = –15

       p = 3

Substitusi p = 3 ke persamaan (1).

3p + q = 21 

3(3) + q = 21

    9 + q = 21

          q = 21 – 9 = 12

Dieroleh nilai p = 3 dan q = 12 sehingga rumus fungsi g(x) menjadi:

g(x) = px + q

g(x) = 3x + 12

g(–3)  = 3(–3) + 12

          = –9 + 12

          = 3

Jadi, g(–3) = 3.

 

10. Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Jika f(–5) = 15 dan f(5) = –5, nilai dari 3f(1) – 7 adalah . . . .

A.     –2

B.     –1                      

C.     2

D.    3

 

Jawaban: C

f(x) = ax + b

f(–5) = 15    equation  a(–5) + b = 15

                         –5a + b  = 15   . . . (1)

f(5) = –5      equation a(5) + b = –5

                         5a + b = –5      . . . (2)

Eliminasi b dari (1) dan (2).

–5a + b = 15

  5a + b = –5

––––––––––– –

        –10a = 20

        a =  –2

Substitusi a = –2 ke (2).

5a + b = –5  

5(–2) + b = –5

  –10 + b = –5

           b = –5 – (–10)

           b = –5 + 10

           b = 5

Nilai a = –2 dan b = 5 sehingga rumus fungsi f(x) menjadi:

f(x) = ax + b

      = (–2)x + 5

      = –2x + 5

f(1) = –2(1) + 5

      = –2 + 5

      = 3

3f(1) – 7 = 3 × 3 – 7 = 9 – 7 = 2

Jadi, nilai 3f(1) – 7 = 2.

 

Demikianlah materi tentang soal standar ujian sekolah dan ujian nasional tentang Relasi dan Fungsi.

Semoga bermanfaat.




Minggu, 26 Januari 2025

Cara Menentukan atau Menghitung Nilai Determinan Matriks dan Invers Matriks

 Kali ini kita akan membahas cara menentukan atau menghitung nilai determinan matriks dan invers matriks. Yang akan dibahas  disini adalah matriks ordo 2 atau 2 x 2. Matriks ordo 2 merupakan matriks persegi. Sehingga matriks persegi dapat dihitung nilai determinannya. Jika matriksnya bukan matriks persegi maka nilai determinannya tidak dapat dihitung atau ditentukan. 

Nah, bagaimana cara menentukan nilai determinan matriks ordo 2?

Jika kita memiliki matriks A, maka nilai determinannya dapat dihitung sebagai berikut.


Untuk lebih jelasnya cara menghitung determinan, perhatikan contoh-contoh berikut.

Tentukan determinan matriks-matriks berikut.




INVERS MATRIKS

Setelah Anda paham cara menentukan determinan matriks, mari melanjutkan cara menentukan invers matriks. Dalam menentukan invers matriks, kita perlu menentukan determinan matriks terlebih dahulu. Sebab, antara determinan dan invers matriks memiliki keterkaitan. Matriks yang memiliki determinan 0, maka matriks tersebut tidak mempunyai invers. Matriks ini disebut Matrik Singular. Adapun matriks yangmempunyai nilai determinan selain 0 dapat ditentukan inversnya. Matriks ini disebut Matriks Nonsingular.

Nah bagaimana cara menentukan invers matriks ordo 2?

Jika kita mempunyai matriks A, maka inversnya matriks A (A-1) sebagai berikut. 


Untuk lebih jelasnya cara menentukan invers matriks, perhatikan beberapa contoh berikut.

Tentukan invers matriks-matriks di bawah ini.


Jawaban:




Demikianlah cara menentukan determinan dan invers matriks ordo 2.

Semoga Bermanfaat.


KUMPULAN SOAL LATIHAN TENTANG SKALA PETA dan DENAH (SOAL ASESMEN DAN SOAL UJIAN SEKOLAH)

  

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai contoh soal skala peta, lengkap dengan pembahasan dan jawabannya.

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang ditampilkan pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.

Selain bisa melihat gambaran wilayah yang luas dalam selembar peta, kamu juga bisa menghitung jarak sebenarnya yang ada di peta.

Rumus Skala

Jarak sebenarnya = jarak peta : Skala

Skala = Jarak peta : jarak sebenarnya

Jarak peta = Jarak sebenarnya x Skala

 

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan contoh soal skala peta berikut ini lengkap dengan pembahasan dan jawabannya:

Soal ini untuk persiapan menghadapi Asesmen Akhir Semester atau untuk menghadapi Ujian Sekolah/Ujian Nasional.

 

Soal 1

1. Pada peta tertulis skala 1 : 500.000, artinya ....

A.   Setiap 1 cm jarak pada peta mewakili 500.000 cm atau 5 km jarak yang sebenarnya.

B.   Setiap 1 cm jarak yang sebenarnya mewakili 500.000 cm atau 5 km pada peta.

C.   Setiap 500.000 cm jarak pada peta mewakili 1 km jarak yang sebenarnya.

D. Setiap 500.000 cm jarak sebenarnya mewakili 1 cm jarak pada peta.

Jawaban: A

Skala 1 : 500.000 mempunyai arti setiap jarak 1 cm pada peta mewakili 500.000 cm atau 5 km jarak sebenarnya.

 

Soal 2

Diketahui skala peta 1 : 300.000 dan jarak pada peta 9 cm, maka jarak sebenarnya adalah ...

A.   0,27 km

B.   2,7 km

C.   27 km

D. 30 km

Jawaban: C

Jarak sebenarnya = Jarak peta : Skala

                          = 9 : (1/300.000)

                          = 9 × 300.000 cm

                          = 2.700.000 cm

                          = 27 km

Jadi, jarak sebenarnya adalah 27 km.

 

Soal 3

Diketahui skala suatu peta adakah 1 : 250.000. Jika dari kota K ke kota L pada peta tersebut adalah 18 cm, jarak yang sebenarnya antara kedua kota adalah ....

A.   27 km

B.   30 km

C.   35 km

D. 45 km

Jawaban: C

Jarak sebenarnya = Jarak peta : Skala

                          = 18 : (1/250.000)

                          = 18 × 250.000 cm

                          = 4.500.000 cm

                          = 45 km

Jadi, jarak sebenarnya adalah 45 km.

 

Soal 4

Jarak sebenarnya adalah 265 km. Jarak pada peta jika menggunakan skala 1 : 1000.000 adalah ....

A.   0,265 cm

B.   2,65 cm

C.   26,5 cm

D. 265 cm

Jawaban: C

Jarak pada peta = Jarak sebenarnya × Skala

                          = 265 km × (1/1000.000)

                          = 26.500.000 cm × (1/1000.000)

                          = 26,5 cm

Jadi, jarak pada peta adalah 26,5 cm.

 

Soal 5

Pulau A dan pulau B jaraknya 320 km. Jarak tersebut akan digambar dengan ukuran 8 cm pada sebuah buku gambar. Skala yang digunakan adalah ....

A.   1 : 4.000

B.   1 : 40.000

C.   1 : 400.000

D. 1 : 4.000.000

Jawaban: D

Skala = Jarak pada peta : jarak sebenarnya

         = 8 cm : 320 km

         = 8 cm : 32.000.000 cm

         = 8 : 32.000.000

         = 1 : 4.000.000

Jadi, skala peta adalah 1 : 4.000.000.

 

Soal 6

Diketahui skala sebuah ukuran gambar adalah 1 : 400.000. Jika ukuran pada peta 8 cm, maka ukuran sebenarnya adalah ....

A.   3,2 km

B.   32 km

C.   320 km

D. 500 km

Jawaban: B

Ukuran sebenarnya = Ukuran peta : Skala

                            = 8 : (1/400.000)

                            = 8 × 400.000 cm

                            = 3.200.000 cm

                           = 32 km

Jadi, ukuran sebenarnya adalah 32 km.

 

Soal 7

Diketahui skala peta 1 : 2.750.000. Jarak pada peta dari kota A - B adalah 20 cm. Panjang jarak kota A - B sebenarnya adalah ....

A.   55 km

B.   550 km

C.   600 km

D. 650 km

Jawaban: B

Jarak sebenarnya = jarak peta : Skala

                            = 20 : (1/2.750.000)

                            = 20 × 2.750.000 cm

                            = 55.000.000 cm

                           = 550 km

Jadi, jarak kota A - B sebenarnya adalah 550 km.

 

Soal 8

Jarak kota D - E adalah 30 km. Jika jarak kota D - E pada peta 15 cm. Skala peta yang digunakan adalah ....

A.   1 : 200.000

B.   1 : 500.000

C.   1 : 2.000.000

D. 1 : 5.000.000

Jawaban: A

Skala = Jarak pada peta : jarak sebenarnya

         = 15 cm : 30 km

         = 15 cm : 3.000.000 cm

         = 15 : 3.000.000

         = 1 : 200.000

Jadi, skala peta adalah 1 : 200.000.

 

Soal 9

Tinggi sebuah menara 60 meter. Tinggi pada denah 10 cm. Skala yang digunakan adalah ....

A.   1 : 6

B.   1 : 10

C.   1 : 60

D. 1 : 600

Jawaban: D

Skala = tinggi pada denah : tinggi sebenarnya

         = 10 cm : 60 m

         = 10 cm : 6.000 cm

         = 10 : 6.000

         = 1 : 600

Jadi, skala denah adalah 1 : 600.

 

Soal 10

Jarak kota M - N pada peta 6 cm. Skala peta 1 : 3.500.000. Jarak kota M - N sebenarnya adalah ....

A.   210 km

B.   250 km

C.   270 km

D. 300 km

Jawaban: A

Jarak sebenarnya = Jarak peta : Skala

                          = 6 : (1/3.500.000)

                          = 6 × 3.500.000 cm

                          = 6 × 35 km

                          = 210 km

Jadi, jarak kota M - N sebenarnya adalah 210 km.

 

Soal 11

Sebuah kolam ikan berbentuk persegi dengan panjang sisinya 12 cm digambar pada selembar kertas. Skala yang digunakan 1 : 250. Panjang keliling sebenarnya kolam ikan tersebut adalah ....

A.   120 m

B.   160 m

C.   180 m

D. 210 m

Jawaban: B

Skala = 1 : 250

1 cm mewakili 250 cm atau 2,5 m.

Jika panjang sisi kolam pada gambar 16 cm, maka

panjang sisi sebenarnya = 16 × 2,5 m

                                   = 40 m

Keliling kolam = 4 × s = 4 × 40 m = 160 m.

Jadi, keliling kolam sebenarnya adalah 160 m.

 

Demikianlah materi tentang soal standar ujian sekolah dan ujian nasional tentang skala.

Semoga bermanfaat.