AdsPopc

Senin, 03 Februari 2025

Soal standar Ujian Sekolah dan Ujian Nasional Matematika SMP/MTs yang Sering Diujikan

 Dalam kesempatan ini akan admin berikan beberapa contoh soal dan pembahasan soal-soal Matematika yang sering dikeluarkan dalam ujian sekolah maupun ujian nasional. Soal-soal ujian sekolah dan soal ujian nasional Matematika pada dasarnya merupakan soal yang standar harus dikuasai siswa. Jadi, dalam hal ini soal ujian sekolah dan soal ujian nasional bersifat standar untuk mencapai kompetensi siswa. Dalam kesempatan ini akan kami berikan soal-soal standar US dan UN untuk ruang lingkup bilangan dan Aljabar.

Yuk, simak soal dan pembahasannya berikut.

 

 

1.     Tanda “#” artinya tambahkan bilangan pertama dan kedua, lalu kurangkan kuadrat bilangan kedua. Hasil dari -12 # 5 adalah . . . .

A.   -32

B.   -18

C.   -8

D.   8

Jawaban : A

-12 # 5 = (-12 + 5) – 52

             = -7 – 25

              = -32

 





4.    Diketahui barisan 12, 19, 26, 33, . . . . Suku ke-50 adalah . . . .

A.      335

B.      355

C.      365

D.      375

Jawaban: B

Barisan 12, 19, 26, 33, . . .. adalah barisan aritmetika dengan suku awal  = a = 12 dan beda = b = 7.

Un     = a + (n – 1)b

U70    = 12 + (50 – 1)(7)

          = 12 + (49)(17)

          = 12 + 343

          = 355

Jadi, suku ke-50 barisan tersebut 355.

 

5.    Diketahui deret aritmetika dengan U5 = 21 dan U8 = 33. Jumlah 20 suku pertama adalah . . . .

A.      1.060

B.      1.080

C.      1.090

D.      1.120

Jawaban: A

Deret aritmetika dengan

U5 = 10  Þ    a + 4b = 21    . . . (1)

U8 = 30  Þ    a + 7b = 33    . . . (2)

                        _____________-

                             -3b = -12

                        Û   b  = 4

Substitusikan b = 4 ke dalam persamaan (1).

a + 4 · 4 = 21

  a + 16 = 21

          a = 21 – 16

          a = 5

Jumlah n suku pertama

Sn = (n/2)(2a + (n – 1)b)

Jumlah 20 suku pertama

S25    = (20/2) (2 · 5 + (25 – 1)4)

          = 10 (10 + 24 · 4)

          = 10 (10 + 96)

          = 10 · 106

          = 1.060

Jadi, jumlah 20 suku pertama adalah 1.060.

 

6.    Diketahui jumlah kelereng merah dan kelereng biru 300 buah. Perbandingan banyak kelereng merah dan kelereng biru 5 : 7. Selisih antara banyak kelereng merah dan kelereng biru adalah . . . .

A.      72

B.      60

C.      56

D.      50

Jawaban: D

Misalkan : m = angka pembanding kelereng merah

                  b = angka pembanding kelereng biru

Perbandingan/rasio

m : b = 5 : 7

m + b = 12

m – b = 2

Selisih =  (m - b)/(m + b) × jumlah kelereng

             =  (2/12) × 300

             =  2 × 25

             =  50

Jadi, selisih kedua kelereng adalah 50.

 

7.    Denah suatu kota menggunakan skala 1 : 25.000, jika dua tempat dalam kota tersebut digambar dengan jarak 20 cm, jarak sebenarnya dua tempat tersebut adalah . . . .

A.      5 km

B.      8 km

C.      50 km

D.      80 km

Jawaban : A

Jarak sebenarnya = jarak pada peta x skala

                              = 20 × 25.000 cm

                              =  500.000 cm

                              = 5 km

Jadi, jarak sebenarnya dua tempat tersebut adalah 5 km.

 

8.    Raihan pergi ke supermarket bersama ibunya. Ia membeli sepasang sepatu seharga Rp180.000,00. Jika supermarket tersebut memberikan diskon 20% dan kemudian potongan harga Rp15.000,00, Raihan hanya membayar sebesar . . . .

A.      Rp144.000,00

B.      Rp137.000,00

C.      Rp129.000,00

D.      Rp123.000,00

Jawaban: C

Harga sepasang sepatu Rp180.000,00

Diskon 20%   = 20% × Rp180.000,00

                      = 2/10 × Rp180.000,00

                      = Rp36.000,00

Besar uang yang harus dibayar Raihan

= Harga sepatu – diskon – potongan harga

= Rp180.000,00 – Rp36.000,00 – Rp15.000,00

= Rp129.000,00

Jadi, Raihan hanya membayar sebesar Rp129.000,00.

 

9.    Bentuk 6x2 + x – 35 dapat difaktorkan menjadi . . . .

A.      (3x + 5)(2x – 7)

B.      (3x – 5)(2x + 7)

C.      (3x + 7)(2x – 5)

D.      (3x – 7)(2x + 5)

Jawaban: D

6x2 + x – 35   = 6x2 + 15x – 14x – 35

                       = (6x2 + 15x) – (14x + 35)

                       = 3x(2x + 5) – 7(2x + 5)

                       = (3x – 7)(2x + 5)

 

10.  Penyelesaian dari sistem persamaan 4x + 5y = 30 dan 6x – 7y = 16 adalah x dan y. Nilai dari 2x – 7y adalah . . . .

A.      4

B.      2

C.      -2

D.      -4

Jawaban: D

Metode eliminasi pada sistem persamaan linear

4x + 5y = 30  (× 3)    12x + 15y       = 90

6x – 7y = 16  (× 2)    12x – 14y       = 32

                               ________________ +

                                                 29y = 58

                                                    y = 2

Substitusi y = 2 ke persamaan 4x + 5y = 30

4x + 5y = 30  Û        4x + 5 × 2 = 30

                                     4x + 10 = 30

                                             4x = 20

                                               x = 5

2x – 7y = 2 × 5 –  7 × 2

              = 10 – 14

              = -4

Jadi, nilai 2x – 7y adalah -4.

 

11.  Diketahui himpunan semesta S = {x | x ≤ 10, x bilangan cacah}

P = {x | x ≤ 10, x bilangan prima}

Q = {x | x faktor dari 24}

P – QC = . . .

A.      {2, 3}

B.      {3, 5}

C.      {5, 7}

D.      {2, 3, 5}

Jawaban: A

S = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}

P = {2, 3, 5, 7}}

Q = {1, 2, 3, 4, 6, 8}

QC = {5, 7, 9, 10}

P – QC = {2, 3}

 

12. Dari 45 pasien yang berobat di klinik SYIFA ternyata 24 orang menderita sakit lambung, 19 orang menderita penyakit diare, dan 5 orang tidak menderita keduanya. Banyak pasien yang menderita kedua penyakit tersebut ada….orang.

A.      3

B.      4

C.      5

D.      6

Jawaban: a



(24 - x) + x + (19 - x ) + 5 = 45

(24 + 19 + 5 ) + ( -x + x - x) = 45

                                  48 - x = 45

                                         x = 3

Jadi, banyak pasien yang menderita kedua penyakit tersebut ada 3 orang.

 

13.  Diketahui himpunan A = {a, b, c} dan B = {1, 2, 3, 4}. Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan dari B ke A adalah . . . .

A.      {(a, 1), (b, 2), (c, 3)}

B.      {(1, a), (2, a), (3, b), (4, c)}

C.      {(1, a), (1, b), (2, a), (3, b), (4, c)}

D.      {(a, 1), (a, 2), (b, 1), (b, 4), (c, 3)}

Jawaban: B

Relasi B ke a dikatakan pemetaan apabila setiap himpunan anggota B mempunyai tepat satu pasangan di B.

Jadi, yang  merupakan pemetaan adalah pilihan B.

 

14.  Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = 3x – 1. Jika f(2b + 3) = –4, nilai b adalah . . . .

A.      6

B.      4

C.      –2

D.      –4

Jawaban: C

f(x) = 3x – 1

f(2b + 3) = –4      

3(2b + 3) – 1 = –4

    6b + 9 – 1 = –4

          6b + 8 = –4

                6b = –12

                  b = -12/6

                  b = –2

Jadi, nilai b adalah -2.

 

15.  Gradien garis 6x – 9y – 10 = 0 adalah . . . .

A.      –3/2

B.      –2/3

C.      2/3

D.      3/2

Jawaban: C

6x – 9y – 10  = 0

          9y = 6x – 10

            y = 6/9 x - 10/9

            y = 2/3 x - 10/9   (setara degan y = mx + c)

Jadi, gradien garis adalah 2/3.

 

Demikianlah sekilas materi tentang soal-soal standar ujian sekolah dan ujian nasional Matematika SMP/MTs tentang bilangan dan aljabar. Semoga dapat digunakan untuk belajar.

Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.





20 SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH (BILANGAN ASLI)

Dalam kesempatan ini akan admin berikan beberapa contoh soal tentang operasi hitung bilangan cacah berbentuk pilihan Ganda. Berikut adalah 20 soal cerita harian pilihan ganda tentang operasi bilangan cacah untuk siswa SD/MI.

Soal cerita sering keluar dalam ulangan maupun ujian, baik ujian sekolah maupun ujian nasional. Yuk simak beberapa contoh soal cerita tentang operasi hitung bilangan cacah ini.

 

1.     Sarah memiliki 245 stiker, lalu temannya Emma memberinya 389 stiker lagi. Berapa jumlah stiker Sarah sekarang?

A)   524

B)   634

C)   684

D)   774

2.     Sebuah perpustakaan sekolah memiliki 1.732 buku, lalu membeli 865 buku lagi. Berapa total buku yang dimiliki perpustakaan tersebut?

A)   2.497

B)   2.587

C)   2.597

D)   2.697

 

 

3.     Jack memiliki 1.500 kelereng, tetapi ia memberikan 725 kelereng kepada temannya. Berapa kelereng yang tersisa?

A)    775

B)   785

C)   825

D)   875

 

4.     Sebuah toko memiliki 2.450 pulpen dalam stok. Setelah menjual 1.236 pulpen, berapa pulpen yang tersisa?

A)   1.214

B)   1.224

C)   1.234

D)   1.244

 

5.     Seorang petani menanam 124 baris jagung, dengan 36 tanaman jagung di setiap baris. Berapa total tanaman jagung yang ditanam?

A) 3.964

B) 4.064

C) 4.264

D) 4.464

 

6.     Sebuah toko roti membuat 85 roti setiap hari. Berapa jumlah roti yang dibuat dalam 12 hari?

A) 920

B) 1.020

C) 1.120

D) 1.220

 

7.     Seorang guru memiliki 1.200 pensil dan ingin membagikannya secara merata kepada 30 siswa. Berapa pensil yang diterima setiap siswa?

A)   30

B)   35

C)   40

D)   45

 

8.     Sebuah toko buku memiliki 2.750 buku yang disusun merata di 50 rak. Berapa jumlah buku per rak?

A)   45

B)   50

C)   55

D)   60


9.     Lisa membeli 4 bungkus pensil, dengan setiap bungkus berisi 12 pensil. Ia memberikan 15 pensil kepada teman-temannya. Berapa pensil yang tersisa?

A)   28

B)   30

C)   33

D)   36

 

10.  Sebuah pabrik memproduksi 8.400 mainan dalam 7 hari. Berapa mainan yang diproduksi per hari?

A)   1.100

B)   1.150

C)   1.200

D)   1.250

 

11.  Sebuah sekolah memesan 25 kotak krayon, masing-masing berisi 48 krayon. Jika mereka menerima 1.200 krayon tambahan sebagai donasi, berapa total krayon yang dimiliki?

A)   2.300

B)   2.400

C)   2.500

D)   2.600

 

12.  Ada 64 kursi di aula, lalu ditambahkan 27 kursi lagi. Jika setiap baris memiliki 9 kursi, berapa jumlah total baris kursi?

A)   9

B)   10

C)   11

D)   12

 

13.  Seorang petani memanen 5.250 apel tetapi menjual 3.750 apel. Jika apel yang tersisa dikemas dalam kotak berisi 25 apel, berapa banyak kotak yang dibutuhkan?

A)   50

B)   60

C)   70

D)   80

14.  Sebuah pabrik memproduksi 9.600 masker. Setelah mengirimkan 3.200 masker, sisa masker dikemas dalam karton berisi 400 masker per karton. Berapa jumlah karton yang digunakan?

A)   14

B)   15

C)   16

D)   17

 

15.  Kantin sekolah membuat 125 sandwich setiap hari selama 6 hari. Jika mereka membuat tambahan 230 sandwich pada hari terakhir, berapa total sandwich yang dibuat?

A)   950

B)   1.000

C)   1.050

D)   1.100

 

16.  Sebuah stadion memiliki 75 baris kursi, dengan 80 kursi per baris. Jika mereka menambahkan 600 kursi lagi, berapa total kursi yang tersedia?

A)   5.400

B)   5.600

C)   5.800

D)   6.000

 

17.  Sebuah perusahaan memproduksi 9.000 buku tulis tetapi menjual 6.750 di antaranya. Jika mereka mendonasikan sisa buku secara merata ke 15 sekolah, berapa buku yang diterima setiap sekolah?

A)   130

B)   140

C)   150

D)  160

 

18.  Seorang peternak mengumpulkan 7.800 telur tetapi menjual 5.200 telur. Jika sisa telur dikemas dalam nampan berisi 30 telur per nampan, berapa jumlah nampan yang digunakan?

A)   75

B)   80

C)   85

D)   90

 

19.  Sebuah taman air memiliki 3.500 pengunjung pada hari Senin, 2.850 pada hari Selasa, dan 4.125 pada hari Rabu. Jika 1.200 pengunjung membeli makanan dan minuman setiap hari, berapa jumlah pengunjung yang tidak membeli makanan atau minuman dalam tiga hari?

A)   6.075

B)   6.175

C)   6.275

D)   6.375

 

20.  Sebuah truk membawa 9.500 kg barang. Truk tersebut mengantarkan 2.750 kg di pemberhentian pertama, 3.150 kg di pemberhentian kedua, lalu membagi sisa muatan secara merata ke 10 toko. Berapa kg barang yang diterima setiap toko?

A)   360

B)   380

C)   400

D)   420

 

Demikianlah sekilas materi tentang soal-soal untuk kelas 6 SD yang dapat digunakan untuk berlatih operasi bilangan cacah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kami sampaikan.

Semoga bermanfaat.