AdsPopc

Jumat, 14 Maret 2025

KUMPULAN Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMA/MA _ Soal Cerita Barisan dan Deret

 

Hai, Sahabat MATH Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan admin berikan satu paket soal latihan ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMA/MA. Ujian nasional menjadi bahan untuk melanjutkan sekolah berikutnya. Karena ini sangat penting maka kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal standar ujian sekolah atau ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Kamu bisa berlatih dengan soal-soal seperti berikut ini.

Kali ini akan kita bahas soal tentang Barisan dan Deret.

Perhatikan soal-soal di bawah ini dan cara penyelesaiannya.

 

1.    Seorang petani mencatat hasil panennya selama 10 hari berturut-turut. Hasil panen pada hari pertama 24 kg dan setiap hari berikutnya bertambah 3 kg dari hasil panen hari sebelumnya. Jumlah hasil panen selama 10 hari tersebut  adalah . . . .

       A.    220 kg

       B.    255 kg

       C.   375 kg

       D.   390 kg

       E.    750 kg

       (Ujian Nasional 2015)

       Jawaban: C

Permasalahan deret aritmetika.

Diketahui suku pertama = a = 24

Beda= b = 3

Banyak hari = n = 10

Jumlah hasil 10 hari pertama (S10):

Sn  = (n/2) (2a + (n – 1)b)

S10 = (10/2) (2 · 24 + (10 – 1)(3))

    = 5 (48 + 27)

   = 5 (75)

   = 375

  Jadi, jumlah hasil panen selama 10 hari adalah 375 kg.


2.    Kursi-kursi yang berada di dalam gedung pertunjukan diatur dengan sistem kursi di belakang sebanyak dua lebihnya daripada kursi di depannya. Jika di dalam gedung tersebut terdapat 24 baris kursi dan baris ke-7 ada 29 kursi, jumlah kursi yang ada di gedung tersebut adalah . . . .

A.    66

B.    408

C.   756

D.   960

E.    1.512

Jawaban: D

Deret aritmetika dengan beda = b = 2 , U7 = 29, dan banyak barisan kursi = n = 24.

U7 = 29      Û      a + 6b  = 29

                   Û    a + 6 · 2 = 29

                   Û      a + 12 = 29

                   Û              a  = 17

Sn = (n/2) (2a + (n – 1)b)

S24    = (24/2) (2 × 17 + (24 – 1) × 2)

          = 12(34 + 46)

          = 12 · 80

          = 960

Jadi, jumlah kursi yang ada di gedung tersebut adalah 960.

 

3.    Diana menabung di koperasi sekolah setiap bulan. Bulan Januari Diana menabung Rp20.000,00. Bulan Februari sebesar Rp21.000,00. Bulan Maret sebesar Rp22.000,00. Begitu seterusnya besarnya setiap bulan bertambah Rp1.000,00 dari bulan sebelumnya. Jumlah tabungan Diana setelah satu tahun adalah . . . .

       A.     Rp260.000,00

       B.      Rp280.000,00

       C.      Rp296.000,00

       D.      Rp306.000,00

       E.      Rp360.000,00

       Jawaban: D

Permasalahan deret aritmetika

20.000 + 21.000 + 22.000 + 23.000 + . . .

Diperoleh a = 20.000, b = 1000, dan n = 12

Sn   = (n/2) (20 + (n – 1)b)

S12    = (12/2) (2 × 20.000 + (12 – 1) × 1.000)

          = 6(40.000 + 11.000)

          = 6 × 51.000

          = 306.000

Jadi, tabungan Diana setelah satu tahun sebesar Rp306.000,00.

 

4.    Seutas tali dipotong menjadi 6 bagian sehingga potongan-potongan tali tersebut membentuk barisan geometri. Jika panjang tali terpendek 5 cm dan potongan tali terpanjang 160 cm maka panjang  tali sebelum dipotong adalah . . . . (UN 2014)

A.    165 cm

B.    245 cm

C.   285 cm

D.   315 cm

E.    320 cm



 

5.    Sebuah bola dijatuhkan ke lantai dari ketinggian 5 meter dan memantul kembali dengan tinggi tiga perempatnya dari ketinggian semula. Panjang lintasan bola tersebut sampai dengan bola terhenti adalah . . . .(UN 2013)

       A.    25

       B.    30

       C.   35

       D.   45

       E.    65

       Jawaban: C


6.    Salah satu kebiasaan baik yang dilakukan siswa adalah menyisihkan uang jajannya untuk dikumpulkan dan digunakan untuk membeli barang kebutuhannya. Citra dan Syifa menabung agar dalam waktu yang bersamaan dapat membeli sepatu baru. Harga sepatu Citra adalah dua kali harga sepatu Syifa. Pada saat ini Citra mempunyai uang simpanan Rp40.000,00 dan  akan menabung setiap hari Rp3.500,00. Sedangkan Syifa saat ini mempunyai simpanan Rp10.000 dan akan menabung setiap hari Rp2.000,00. Harga sepatu yang akan dibeli Syifa adalah . . . . (UN 2016)

       A.   Rp80.000,00

       B.   Rp90.000,00

       C.   Rp120.000,00

       D.   Rp140.000,00

       E.   Rp180.000,00

       Jawaban: B

Besar uang tabungan Citra setelah n hari (= harga sepatu Citra)

SC = 40.000 + 3.500n

Besar uang tabungan Syifa setelah n hari (= harga sepatu Syifa)

SS = 10.000 + 2.000n

Harga sepatu Citra adalah dua kali harga sepatu Syifa.

SC = 2 SS

 40.000 + 3.500n = 2 (10.000 + 2.000n)

 40.000 + 3.500n = 20.000 + 4.000n

 4.000n – 3.500n = 40.000 – 20.000

 500n = 20.000

       n = 40

Harga sepatu Syifa = 10.000 + 2.000n

                                    = 10.000 + 2.000(40)

                                    = 10.000 + 80.000

                                    = 90.000

Jadi, harga sepatu Syifa adalah Rp90.000,00.

 

 

Baca Juga : Bahas Soal lain tentang Barisan dan Deret.

 

Demikian sekilas soal-soal sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMA/MA  tentang Barisan dan Deret.

Semoga bermanfaat.

 



Bahas Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMA/MA Tentang Pangkat, Akar dan Logaritma

  

Hai, Sahabat MATH Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan admin berikan satu paket soal latihan ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMA/MA. Ujian nasional menjadi bahan untuk melanjutkan sekolah berikutnya. Karena ini sangat penting maka kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal standar ujian sekolah atau ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Kamu bisa berlatih dengan soal-soal seperti berikut ini.

Kali ini akan kita bahas soal tentang pangkat dan bentuk akar.

Perhatikan soal-soal di bawah ini dan cara penyelesaiannya.









Demikian sekilas soal-soal sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMA/MA Program IPA tentang Pangkat, Akar, dan Logaritma.

Semoga bermanfaat






Sabtu, 08 Maret 2025

Kumpulan Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMA/MA Tentang Pangkat, Akar dan Logaritma

 

Hai, Sahabat MATH Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan admin berikan satu paket soal latihan ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMA/MA. Ujian nasional menjadi bahan untuk melanjutkan sekolah berikutnya. Karena ini sangat penting maka kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal standar ujian sekolah atau ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Kamu bisa berlatih dengan soal-soal seperti berikut ini.

Kali ini akan kita bahas soal tentang pangkat dan bentuk akar.

Perhatikan soal-soal di bawah ini dan cara penyelesaiannya.







Bahas Soal lain tentang Pangkat, Akar dan Logaritma. Silakan klik Link di bawah ini.

Paket Soal Latihan Ujian Sekolah Matematika SMA/MA






Senin, 03 Maret 2025

Satu Paket Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SD/MI (Free Download)

 

Hai, Sahabat Math Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan admin berikan satu paket soal latihan ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SD/MI. Ujian nasional menjadi bahan untuk melanjutkan sekolah berikutnya. Karena ini sangat penting maka kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal standar ujian sekolah atau ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Kamu bisa berlatih dengan soal soal berikut ini.

Kerjakan dengan baik dan benar agar kamu bisa mengerjakan soal-soal Ujian sekolah aslinya.

 

1.       Hasil dari 4.210 + 893 – 2.769 = . . . .

a.    2.234

b.    2.334

c.    2.344

d.    3.234

Jawaban : b

 

2.     Hasil dari 34 + (–25) – 28 =  . . . .

a.    -19

b.    -17

c.    -9

d.    9

Jawaban : c

 

3.     Suhu udara di kota P adalah -24oC. Sedangkan suhu udara di kota Q adalah 31oC lebih tinggi daripada suhu udara di kota P.  Suhu di kota Q adalah  . . ..

a.    –13oC

b.    – 7oC

c.    2oC

d.    7oC

Jawaban : d

 

4.    Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 80 dan 120 dalam bentuk faktorisasi adalah . . . .

a.      23 × 5

b.      24 × 5

c.      23 × 3 × 5

d.      24 × 3 × 5

Jawaban: a

 

5.    Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 45 dan 75 adalah . . . .

a.      150

b.      225

c.      375

d.      450

Jawaban: b

 

6.    Rama dan Rani mengikuti kursus biola di tempat yang sama. Rama berangkat kursus setiap 6 hari sekali. Rani berangkat kursus setiap 8 hari sekali. Jika pada tanggal 6 Juni mereka bertemu di tempat kursus, tanggal berapa mereka  bertemu di tempat kursus sebelumnya?

a.      12 April.

b.      13 April.

c.      12 Mei.

d.      13 Mei.

Jawaban: c

 

7.    Hasil dari 252 – 172 = . . . .

a.      64

b.      226

c.      326

d.      336

Jawaban: d

 

8.    Hasil dari 0,5 km2 + 4,7 hektar – 9.700 m2 = . . .

a.       4.500 are

b.      9.500 are

c.      9.603 are

d.      53.730 are

Jawaban: c

 

9.      Pak Situmorang berangkat ke kantor pada pukul 06.30. Jarak antara rumah dan kantor 15 km. Agar Pak Situmorang tiba dikantor paling lambat pada pukul 06.50, Pak Situmorang mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan rata-rata ...

a.   35 km/jam

b.   45 km/jam

c.   50 km/jam

d.   60 km/jam

Jawaban: b

 

10Sebuah kolam dialiri air dari sumur pompa dengan debit 15 liter/detik. Jika kolam tersebut diisi air selama 1,5 jam, volume air dari sumur pompa yang mengaliri kolam sebanyak . . . .

a.    22,5 m3

b.    45 m3

c.     63 m3

d.    81 m3

Jawaban : d

 

11Perhatikan sifat-sifat bangun berikut.

(i)      Mempunyai dua sisi sama panjang.

(ii)     Mempunyai dua sudut sama besar.

(iii)    Mempunyai satu simetri lipat.

(iv)    Mempunyai dua simetri lipat

(v)    Tidak mempunyai simetri putar.

Sifat-sifat di atas merupakan sifat-sifat segitiga sama kaki adalah . . ..

a.      (i), (ii), dan (iii)

b.      (i), (ii), (iv) dan (iv)

c.      (i), (ii), (iii) dan (v)

d.      (i), (iii), (iv) dan (v)

Jawaban: c

 

Versi selengkapnya bisa lihat dan download di Link Berikut.

Paket Soal Latihan Ujian Sekolah Matematika SD/MI

 

Demikian sekilas soal-soal sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SD/MI.

Semoga bermanfaat.


Minggu, 02 Maret 2025

Bahas Soal-Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMA/MA _ MATRIKS DAN OPERASI MATRIKS

 

Hai, Sahabat IMath Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mate pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan belajar cara menyelesaikan soal-soal ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMA/MA berkaitan dengan menyelesaikan masalah Matriks dan Operasi Hitung Matriks. Materi Matriks dan Operasi Hitung Matriks merupakan materi yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Gunakan soal-soal berikut untuk belajar menghadapi Ujian Sekolah atau Ujian nasional.













Demikian sekilas soal-soal tentang Bentuk aljabar dan operasi Bentuk Aljabar yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMP/MTs.

Semoga bermanfaat.


Jumat, 28 Februari 2025

10 Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMP/MTS_ OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

 

Hallo, sahabat IMath Tutorial. Kali ini kita akan belajar cara menyelesaikan soal-soal ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMP/MTs berkaitan dengan menyelesaikan masalah Bentuk Aljabar dan Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Materi Bentuk Aljabar dan Operasi Hitung Bentuk Aljabar merupakan materi yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Mari simak beberapa soal berikut.

 

1.  Diketahui bentuk aljabar -16x2y + 4xy2 – 3x2y2 + 5xy. Koefisien x2y2 adalah . . . . .

A.  -3

B.   -2                   

C.  4

D.  5

 

Jawaban : A

 

-16x2y + 4xy2 – 3x2y2 + 5xy

    

Jadi, koefisien x2y2 adalah -3.

 

2.  Bentuk sederhana 5a – 6b + 12c – (14b – 7a) + 10c adalah  . . . .

A.  –2a – 8b + 22c

B.   –2a – 20b + 22c    

C.  12a – 8b + 22c

D.  12a – 20b + 22c

 

Jawaban : D

5a – 6b + 12c – (14b – 7a) + 10c

= 5a – 6b + 12c –14b + 7a + 10c

= 5a + 7a – 6b –14b  + 12c + 10c

= 12a – 20b + 22c

Jadi, bentuk sederhana 5a – 6b + 12c – (14b – 7a) + 10c adalah  12a – 20b + 22c.

 

3.  Hasil dari (5xy + 11x – 8y) – (12x – 4xy + 9y) adalah  . . . .

A.  xy – x + y

B.   xy – x – 17y     

C.  9xy – x – 17y

D.  9xy – 23x – 17y

 

Jawaban : C

(5xy + 11x – 8y) – (12x – 4xy + 9y)

= 5xy + 11x – 8y – 12x + 4xy – 9y

= 5xy + 4xy + 11x – 12x – 8y – 9y

= 9xy – x – 17y

Jadi, (5xy + 11x – 8y) – (12x – 4xy + 9y) adalah  9xy – x – 17y.

 

4.  Hasil pengurangan 10p – 5q + 16r oleh 3p – 4q + 7r adalah. . . .

A.  7p – q + r

B.   7p – q + 9r      

C.  7p – 9q + r

D.  7p – 9q + 9r

 

Jawaban : B

(10p – 5q + 16r) – (3p – 4q + 7r)

= 10p – 5q + 16r – 3p + 4q – 7r

= 10p – 3p – 5q + 4q + 16r – 7r

= 7p – q + 9r

Jadi, hasil pengurangan 10p – 5q + 16r oleh 3p – 4q + 7r adalah 7p – q + 9r.

 

5.  Hasil perkalian (3x + 5) dengan (2x – 4) adalah. . . .

A.  6x2 + 22x – 20

B.   6x2 – 22x – 20  

C.  6x2 +  2x – 20

D.  6x2 –  2x – 20

 

Jawaban : D

(3x + 5)(2x – 4)

= (3x)(2x – 4) + (5)(2x –  4)

= (3x)(2x) –  (3x)(4) + (5)(2x) – (5)(4)

= 6x2 –  12x + 10x – 20

= 6x2 –  2x – 20

Jadi, hasil perkalian (3x + 5) dengan (2x – 4) adalah 6x2 –  2x – 20.

 

6.  Hasil pembagian 2x2 + 3x – 20 oleh 2x – 5 adalah. . . .

A.  x + 4

B.   x – 4               

C.  2x + 4

D.  2x – 4

 

Jawaban : A

 

Pembagian dengan cara susun

 

      

Jadi, hasil pembagian 2x2 + 3x – 20 oleh 2x – 5 adalah x + 4.

 

7.  Diketahui persegi panjang dengan ukuran panjang (5x – 6) cm dan lebar (2x + 3) cm. Luas persegi  panjang adalah. . . . cm2.

A.  10x2 + 3x + 18

B.   10x2 + 3x – 18 

C.  10x2 + 23x – 18

D.  10x2 + 23x + 18

 

Jawaban : B

Luas persegi panjang adalah L = panjang x lebar

L = panjang ´ lebar

 = (5x – 6)  ´ (2x + 3)

 = (5x) ´ (2x + 3) – (6) ´ (2x + 3)

 = 10x2 + 15x – 12x – 18

 = 10x2 + 3x – 18

Jadi, luas persegi panjang adalah (10x2 + 3x – 18) cm2.

 

8.  Hasil 2p(p + 3)2 – 5p + 1 adalah. . . .

A.  2p3 + 12p2 + 4p + 1

B.   2p3 + 12p2 – 4p + 1        

C.  2p3 + 12p2 + 13p + 1

D.  2p3 + 12p2 + 13p + 10

 

Jawaban : C

2p(p + 3)2 – 5p + 1

 = 2p(p2 + 6p + 9) – 5p + 1

 = 2p3 + 12p2 + 18p – 5p + 1

 = 2p3 + 12p2 + 13p + 1

 Jadi, hasil 2p(p + 3)2 – 5p + 1  adalah 2p3 + 12p2 + 13p + 1.

 

9.  Pasangan bentuk aljabar dibawah ini yang memiliki hasil kali  6x2 – x – 12 adalah. . . .

A.  x + 4 dan 6x – 3

B.   x – 4 dan 6x + 3    

C.  3x – 4 dan 2x + 3

D.  3x + 4 dan 2x – 3

 

Jawaban : D

Mari mengecek hasil kali pasangan-pasangan di atas.

(x + 4)(6x – 3) = (x)(6x – 3) + (4)(6x – 3)

                      = 6x2 – 3x + 24x – 12

                      = 6x2 + 21x – 12

(x – 4) (6x + 3) = (x)(6x + 3) – (4)(6x + 3)        

                       = 6x2 + 3x – 24x – 12

                       = 6x2  – 21x – 12

(3x – 4)(2x + 3) = (3x)(2x + 3) –  (4)(2x + 3)

                        = 6x2 + 9x – 8x – 12

                        = 6x2 + x – 12

(3x + 4)(2x – 3) = (3x)(2x – 3) + (4)(2x – 3)

                        =  6x2 – 9x + 8x – 12

                       = 6x2 – x – 12

Jadi, jawaban yang benar pilihan D.

 

 

10. Hasil (2a – 5b + c)2 adalah. . . .

A.  4a2 + 25b2 + c– 20ab – 4ac  – 10bc  

B.   4a2 + 25b2 + c– 20ab + 4ac  + 10bc 

C.  4a2 + 25b2 + c+ 20ab + 4ac  – 10bc

D.  4a2 + 25b2 + c– 20ab + 4ac  – 10bc

 

Jawaban : D

(2a – 5b + c)2  

= (2a – 5b + c)(2a – 5b + c)

= (2a)(2a – 5b + c) – (5b)(2a – 5b + c) + (c)(2a – 5b + c)

= 4a2 + 25b2 + c–10ab – 10ab + 2ac + 2ac  – 5bc – 5bc

= 4a2 + 25b2 + c– 20ab + 4ac  – 10bc

 

Demikian sekilas soal-soal tentang Bentuk aljabar dan operasi Bentuk Aljabar yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMP/MTs.

Semoga bermanfaat.