AdsPopc

Senin, 03 Maret 2025

Satu Paket Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SD/MI (Free Download)

 

Hai, Sahabat Math Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan admin berikan satu paket soal latihan ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SD/MI. Ujian nasional menjadi bahan untuk melanjutkan sekolah berikutnya. Karena ini sangat penting maka kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal standar ujian sekolah atau ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Kamu bisa berlatih dengan soal soal berikut ini.

Kerjakan dengan baik dan benar agar kamu bisa mengerjakan soal-soal Ujian sekolah aslinya.

 

1.       Hasil dari 4.210 + 893 – 2.769 = . . . .

a.    2.234

b.    2.334

c.    2.344

d.    3.234

Jawaban : b

 

2.     Hasil dari 34 + (–25) – 28 =  . . . .

a.    -19

b.    -17

c.    -9

d.    9

Jawaban : c

 

3.     Suhu udara di kota P adalah -24oC. Sedangkan suhu udara di kota Q adalah 31oC lebih tinggi daripada suhu udara di kota P.  Suhu di kota Q adalah  . . ..

a.    –13oC

b.    – 7oC

c.    2oC

d.    7oC

Jawaban : d

 

4.    Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 80 dan 120 dalam bentuk faktorisasi adalah . . . .

a.      23 × 5

b.      24 × 5

c.      23 × 3 × 5

d.      24 × 3 × 5

Jawaban: a

 

5.    Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 45 dan 75 adalah . . . .

a.      150

b.      225

c.      375

d.      450

Jawaban: b

 

6.    Rama dan Rani mengikuti kursus biola di tempat yang sama. Rama berangkat kursus setiap 6 hari sekali. Rani berangkat kursus setiap 8 hari sekali. Jika pada tanggal 6 Juni mereka bertemu di tempat kursus, tanggal berapa mereka  bertemu di tempat kursus sebelumnya?

a.      12 April.

b.      13 April.

c.      12 Mei.

d.      13 Mei.

Jawaban: c

 

7.    Hasil dari 252 – 172 = . . . .

a.      64

b.      226

c.      326

d.      336

Jawaban: d

 

8.    Hasil dari 0,5 km2 + 4,7 hektar – 9.700 m2 = . . .

a.       4.500 are

b.      9.500 are

c.      9.603 are

d.      53.730 are

Jawaban: c

 

9.      Pak Situmorang berangkat ke kantor pada pukul 06.30. Jarak antara rumah dan kantor 15 km. Agar Pak Situmorang tiba dikantor paling lambat pada pukul 06.50, Pak Situmorang mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan rata-rata ...

a.   35 km/jam

b.   45 km/jam

c.   50 km/jam

d.   60 km/jam

Jawaban: b

 

10Sebuah kolam dialiri air dari sumur pompa dengan debit 15 liter/detik. Jika kolam tersebut diisi air selama 1,5 jam, volume air dari sumur pompa yang mengaliri kolam sebanyak . . . .

a.    22,5 m3

b.    45 m3

c.     63 m3

d.    81 m3

Jawaban : d

 

11Perhatikan sifat-sifat bangun berikut.

(i)      Mempunyai dua sisi sama panjang.

(ii)     Mempunyai dua sudut sama besar.

(iii)    Mempunyai satu simetri lipat.

(iv)    Mempunyai dua simetri lipat

(v)    Tidak mempunyai simetri putar.

Sifat-sifat di atas merupakan sifat-sifat segitiga sama kaki adalah . . ..

a.      (i), (ii), dan (iii)

b.      (i), (ii), (iv) dan (iv)

c.      (i), (ii), (iii) dan (v)

d.      (i), (iii), (iv) dan (v)

Jawaban: c

 

Versi selengkapnya bisa lihat dan download di Link Berikut.

Paket Soal Latihan Ujian Sekolah Matematika SD/MI

 

Demikian sekilas soal-soal sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SD/MI.

Semoga bermanfaat.


Minggu, 02 Maret 2025

Bahas Soal-Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMA/MA _ MATRIKS DAN OPERASI MATRIKS

 

Hai, Sahabat IMath Tutorial. Ujian sekolah dan ujian nasional merupakan sebuat alat untuk menguji ketuntasan siswa dalam menguasai materi pelajaran. Salah satu mate pelajaran yang diujikan dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional adalah Matematika.

Kali ini kita akan belajar cara menyelesaikan soal-soal ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMA/MA berkaitan dengan menyelesaikan masalah Matriks dan Operasi Hitung Matriks. Materi Matriks dan Operasi Hitung Matriks merupakan materi yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Gunakan soal-soal berikut untuk belajar menghadapi Ujian Sekolah atau Ujian nasional.













Demikian sekilas soal-soal tentang Bentuk aljabar dan operasi Bentuk Aljabar yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMP/MTs.

Semoga bermanfaat.


Jumat, 28 Februari 2025

10 Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMP/MTS_ OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

 

Hallo, sahabat IMath Tutorial. Kali ini kita akan belajar cara menyelesaikan soal-soal ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMP/MTs berkaitan dengan menyelesaikan masalah Bentuk Aljabar dan Operasi Hitung Bentuk Aljabar.

Materi Bentuk Aljabar dan Operasi Hitung Bentuk Aljabar merupakan materi yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Mari simak beberapa soal berikut.

 

1.  Diketahui bentuk aljabar -16x2y + 4xy2 – 3x2y2 + 5xy. Koefisien x2y2 adalah . . . . .

A.  -3

B.   -2                   

C.  4

D.  5

 

Jawaban : A

 

-16x2y + 4xy2 – 3x2y2 + 5xy

    

Jadi, koefisien x2y2 adalah -3.

 

2.  Bentuk sederhana 5a – 6b + 12c – (14b – 7a) + 10c adalah  . . . .

A.  –2a – 8b + 22c

B.   –2a – 20b + 22c    

C.  12a – 8b + 22c

D.  12a – 20b + 22c

 

Jawaban : D

5a – 6b + 12c – (14b – 7a) + 10c

= 5a – 6b + 12c –14b + 7a + 10c

= 5a + 7a – 6b –14b  + 12c + 10c

= 12a – 20b + 22c

Jadi, bentuk sederhana 5a – 6b + 12c – (14b – 7a) + 10c adalah  12a – 20b + 22c.

 

3.  Hasil dari (5xy + 11x – 8y) – (12x – 4xy + 9y) adalah  . . . .

A.  xy – x + y

B.   xy – x – 17y     

C.  9xy – x – 17y

D.  9xy – 23x – 17y

 

Jawaban : C

(5xy + 11x – 8y) – (12x – 4xy + 9y)

= 5xy + 11x – 8y – 12x + 4xy – 9y

= 5xy + 4xy + 11x – 12x – 8y – 9y

= 9xy – x – 17y

Jadi, (5xy + 11x – 8y) – (12x – 4xy + 9y) adalah  9xy – x – 17y.

 

4.  Hasil pengurangan 10p – 5q + 16r oleh 3p – 4q + 7r adalah. . . .

A.  7p – q + r

B.   7p – q + 9r      

C.  7p – 9q + r

D.  7p – 9q + 9r

 

Jawaban : B

(10p – 5q + 16r) – (3p – 4q + 7r)

= 10p – 5q + 16r – 3p + 4q – 7r

= 10p – 3p – 5q + 4q + 16r – 7r

= 7p – q + 9r

Jadi, hasil pengurangan 10p – 5q + 16r oleh 3p – 4q + 7r adalah 7p – q + 9r.

 

5.  Hasil perkalian (3x + 5) dengan (2x – 4) adalah. . . .

A.  6x2 + 22x – 20

B.   6x2 – 22x – 20  

C.  6x2 +  2x – 20

D.  6x2 –  2x – 20

 

Jawaban : D

(3x + 5)(2x – 4)

= (3x)(2x – 4) + (5)(2x –  4)

= (3x)(2x) –  (3x)(4) + (5)(2x) – (5)(4)

= 6x2 –  12x + 10x – 20

= 6x2 –  2x – 20

Jadi, hasil perkalian (3x + 5) dengan (2x – 4) adalah 6x2 –  2x – 20.

 

6.  Hasil pembagian 2x2 + 3x – 20 oleh 2x – 5 adalah. . . .

A.  x + 4

B.   x – 4               

C.  2x + 4

D.  2x – 4

 

Jawaban : A

 

Pembagian dengan cara susun

 

      

Jadi, hasil pembagian 2x2 + 3x – 20 oleh 2x – 5 adalah x + 4.

 

7.  Diketahui persegi panjang dengan ukuran panjang (5x – 6) cm dan lebar (2x + 3) cm. Luas persegi  panjang adalah. . . . cm2.

A.  10x2 + 3x + 18

B.   10x2 + 3x – 18 

C.  10x2 + 23x – 18

D.  10x2 + 23x + 18

 

Jawaban : B

Luas persegi panjang adalah L = panjang x lebar

L = panjang ´ lebar

 = (5x – 6)  ´ (2x + 3)

 = (5x) ´ (2x + 3) – (6) ´ (2x + 3)

 = 10x2 + 15x – 12x – 18

 = 10x2 + 3x – 18

Jadi, luas persegi panjang adalah (10x2 + 3x – 18) cm2.

 

8.  Hasil 2p(p + 3)2 – 5p + 1 adalah. . . .

A.  2p3 + 12p2 + 4p + 1

B.   2p3 + 12p2 – 4p + 1        

C.  2p3 + 12p2 + 13p + 1

D.  2p3 + 12p2 + 13p + 10

 

Jawaban : C

2p(p + 3)2 – 5p + 1

 = 2p(p2 + 6p + 9) – 5p + 1

 = 2p3 + 12p2 + 18p – 5p + 1

 = 2p3 + 12p2 + 13p + 1

 Jadi, hasil 2p(p + 3)2 – 5p + 1  adalah 2p3 + 12p2 + 13p + 1.

 

9.  Pasangan bentuk aljabar dibawah ini yang memiliki hasil kali  6x2 – x – 12 adalah. . . .

A.  x + 4 dan 6x – 3

B.   x – 4 dan 6x + 3    

C.  3x – 4 dan 2x + 3

D.  3x + 4 dan 2x – 3

 

Jawaban : D

Mari mengecek hasil kali pasangan-pasangan di atas.

(x + 4)(6x – 3) = (x)(6x – 3) + (4)(6x – 3)

                      = 6x2 – 3x + 24x – 12

                      = 6x2 + 21x – 12

(x – 4) (6x + 3) = (x)(6x + 3) – (4)(6x + 3)        

                       = 6x2 + 3x – 24x – 12

                       = 6x2  – 21x – 12

(3x – 4)(2x + 3) = (3x)(2x + 3) –  (4)(2x + 3)

                        = 6x2 + 9x – 8x – 12

                        = 6x2 + x – 12

(3x + 4)(2x – 3) = (3x)(2x – 3) + (4)(2x – 3)

                        =  6x2 – 9x + 8x – 12

                       = 6x2 – x – 12

Jadi, jawaban yang benar pilihan D.

 

 

10. Hasil (2a – 5b + c)2 adalah. . . .

A.  4a2 + 25b2 + c– 20ab – 4ac  – 10bc  

B.   4a2 + 25b2 + c– 20ab + 4ac  + 10bc 

C.  4a2 + 25b2 + c+ 20ab + 4ac  – 10bc

D.  4a2 + 25b2 + c– 20ab + 4ac  – 10bc

 

Jawaban : D

(2a – 5b + c)2  

= (2a – 5b + c)(2a – 5b + c)

= (2a)(2a – 5b + c) – (5b)(2a – 5b + c) + (c)(2a – 5b + c)

= 4a2 + 25b2 + c–10ab – 10ab + 2ac + 2ac  – 5bc – 5bc

= 4a2 + 25b2 + c– 20ab + 4ac  – 10bc

 

Demikian sekilas soal-soal tentang Bentuk aljabar dan operasi Bentuk Aljabar yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMP/MTs.

Semoga bermanfaat.


Kamis, 27 Februari 2025

Soal-Soal Standar Ujian Sekolah/Ujian Nasional Matematika SMA/MA_ Akar-Akar Persamaan Kuadrat

 

Hallo, sahabat Math Tutorial. Kali ini kita akan belajar cara menyelesaikan soal-soal ujian sekolah atau ujian nasional Matematika SMA/MA berkaitan dengan menyelesaikan masalah Akar-Akar Persamaan Kuadrat.

Materi Eksponensial/Perpangkatan merupakan materi yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional. Nah, bagaimana bentuk soal ujian sekolah dan ujian nasional tersebut? Mari simak beberapa soal berikut.

 

Soal 1

1.    Diketahui  x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat 2x2 + 7x – 30 = 0. Jika x1 < x2 maka nilai 4x1 + 2x2 =  . . . .

A.    

B.    6

C.   -3

D.   -19

E.   -24

Jawaban: D

    2x2 + 7x – 30 = 0

   (2x - 5)(x + 6) = 0

  2x - 5 = 0 atau x + 6 = 0

          x = 5/2 atau        x = -6

Diperoleh akar-akar x = 5/2  dan x = -6.

Oleh karena x1 < x2 maka x1 = -6 dan x2 = .

Nilai 4x1 + 2x2  = 4(-6) + 2(5/2)

                            = -24 + 5

                            = –19

 

Soal 2

Akar-akar persamaan kuadrat x2 + 4x – 11 = 5 – 2x adalah . . . ..

A.   –8 atau 2

B.   –8 atau 2

C.   –4 atau 4

D.   –2 atau 3

E.   –2 atau 8

Jawaban: A

x2 + 4x – 11 = 5 – 2x

 x2 + 4x + 2x – 11 – 5 = 0

x2 + 6x – 16 = 0

 (x + 8)(x – 2) = 0

x + 8 = 0  atau x - 2 = 0

  x = -8   atau        x = 2

Jadi, akar-akarnya adalah –8 atau 2.

 

Soal 3

Jika salah satu akar dari persamaan  kuadrat x2 + 5x p = 0 adalah 3 maka akar yang lain adalah . . . .

A.   8

B.   4

C.   –2

D.   –3

E.   –8

Jawaban: E

Persamaan kudrat x2 + 5x – p = 0 mempunyai salah satu akarnya adalah 3, berarti dapat dituliskan:

(3)2 + 5(3) – p = 0

      9 + 15 – p = 0

            24 – p = 0

                    p = 24

Sehingga persamaan kuadrat menjadi x2 + 5x – 24 = 0.

Menentukan akar yang lain

x2 + 5x – 24 = 0

   x2 + 10x – 24 = 0

   (x + 8)(x – 3) = 0

      x = -8  atau x = 3

Jadi, akar yang lain adalah -8.

 

Soal 4

Persamaan kuadrat yang akar-akarnya 1/2 dan 3  adalah . . .

A.     x2 – 5x + 3 = 0

B.     x2 – 5x – 3 = 0

C.     2x2 – 5x + 3 = 0

D.    2x2 – 5x – 3 = 0

E.    2x2 – 7x – 3 = 0

Jawaban: D

Persamaan kuadrat yang akar-akarya p dan q adalah (x – p)(x – q) = 0.

Persamaan kuadrat yang akar-akarnya 1/2 dan 3  adalah:

(x – (1/2))(x – 3) = 0

    (x + 1/2)(x – 3) = 0

     (2x + 1)(x – 3) = 0

   2x2 – 6x + x - 3 = 0

         2x2 – 5x - 3 = 0

Jadi, persamaan kuadratnya adalah 2x2 – 5x - 3 = 0.

 

Soal 5

Diketahui salah satu akar dari persamaan  kuadrat 2x2px + 12 = 0 adalah 4. Nilai akar yang lain adalah . . . .

A.   3

B.   5/2

C.   2

D.   3/2

E.   -3/2

Jawaban: D

Persamaan kudrat 2x2 – px + 12 = 0 mempunyai akar 4, berarti dapat dituliskan:

2(4)2 – p(4) + 12 = 0

  2 .16 – 4p + 12 = 0

      32 – 4p + 12 = 0

       44 – 4p = 0

              4p = 44

                p = 11

Sehingga persamaan kuadrat menjadi 2x2 – 11x + 12 = 0.

Menentukan akar yang lain

   2x2 – 11x + 12 = 0

    (2x – 3)(x – 4) = 0

     x = 3/2 atau x = 4

Jadi, akar yang lain adalah 3/2.

 

Demikian sekilas soal-soal tentang Ekponensial (Perpangkatan) yang sering keluar dalam ujian sekolah dan ujian nasional Matematika tingkat SMA/MA.

Semoga bermanfaat.